Studi Deskriptif Kualitatif Upaya Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olah Raga Dalam Mempromosikan Kawasan Museum Karst Indonesia Di Desa Gebangharjo Pracimnatoro

SULISTYORANI, WIDHYA NINGTYAS (2012) Studi Deskriptif Kualitatif Upaya Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olah Raga Dalam Mempromosikan Kawasan Museum Karst Indonesia Di Desa Gebangharjo Pracimnatoro. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (510kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (403kB)

Abstract

Wonogiri sebuah Kabupaten yang dikenal dengan sebutan kota “ GAPLEK “ dan merupakan salah satu Kabupaten di Indonesia yang mempunyai keindahan alam yang pantas untuk diperhitungkan. Salah satunya objek wisata yang masih baru yaitu Kawasan Museum Karst Indonesia yang ada di desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro yang saat ini dikelola oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang telah dilakukan oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga dalam mempromosikan Kawasan Museum Karst Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Langkah-langkah analisis data yaitu observasi, wawancara, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian mengenai upaya yang dilakukan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga dengan menggunakan strategi pemasaran seperti melakukan analisis SWOT, mengidentifikasi pemasaran pariwisata, kemitraan antar kantor pariwisata dengan pihak luar, pemanfaatan media cetak maupun elektronik serta media baru seperti internet, roadshow pariwisata, mengikuti pameran pariwisata, bauran promosi (promotion mix), dan dengan program nasional pemerintah yaitu Sapta Pesona dan Kampanye Sadar Wisata. Pemanfaatan potensi dan pengembangan fasilitas serta sarana dan prasarana serta pemberian citra positif di benak masyarakat luas sebagai pendukung promosi itu sendiri. Namun masih ada hambatan seperti fasilitas serta sarana dan prasarana yang kurang lengkap, efektivitasan promosi yang sudah ketinggalan dengan daerah yang lain, dan terbatasnya SDM baik dari segi kuantitas dan kualitas utamanya di bidang promosi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Strategi Pemasaran, Media
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2012 06:44
Last Modified: 14 Dec 2012 06:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22088

Actions (login required)

View Item View Item