Perbedaan Motivasi Mengajar Antara Guru Sertifikasi Dengan Guru Nonsertifikasi

HIMASARI, WIENDI (2012) Perbedaan Motivasi Mengajar Antara Guru Sertifikasi Dengan Guru Nonsertifikasi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (345kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)

Abstract

Guru wajib memiliki sertifikasi dengan tujuan untuk meingkatkan kemampuan guru yang profesional. Guru yang profesional akan memaksimalkan kemampuannya untuk meningkatkan kualitas siswa. Kenyataannya, masih ada guru yang telah memiliki sertifikasi tetapi belum profesional dalam kinerja. bagi guru yang memiliki motivasi rendah berpengaruh terhadap profesionalnya sebagai guru, sehingga prestasi sebagai guru rendah pula. Sebaliknya, guru yang memiliki motivasi tinggi dapat meningkatkan kreativitas Tujuan dari penelitian yang ingin dicapai penulis adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi mengajar antara guru sertifikasi dengan guru nonsertifikasi dalam jabatan. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua guru SMA yang ada di kabupaten Wonogiri, yaitu guru SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, dan SMA Negeri 3 di kota Wonogiri berjumlah 139 guru. Jumlah guru sebanyak 139 tersebut dipergunakan semua untuk dijadikan sampel penelitian. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini disebut studi populasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan tentang perbedaan perbedaan motivasi mengajar antara guru ber-sertifikasi dengan guru non-sertifikasi dalam jabatan dapat diperoleh suatu kesimpulan, yaitu: 1) Ada perbedaan motivasi mengajar yang sangat signifikan antara guru sertifikasi dengan guru nonsertifikasi dalam jabatan. Hal ini ditunjukkan melalui hasil t-test sebesar sebesar 4,317 dengan p = 0,000 atau p < 0,01. 2) Guru sertifikasi memiliki motivasi mengajar yang lebih tinggi dari pada Guru nonsertifikasi dalam jabatan. Dari hasil hasil rerata empirik untuk guru yang memiliki sertifikasi sebesar 179,36 dengan rerata hipotetik 126. Sedangkan guru nonsertifikasi dengan rerata empirik sebesar 159,71 dan rerata hipotetik sebesar 126. 3) Tingkat kategorisasi guru sertifikasi memiliki motivasi mengajar sangat tinggi. 4) Tingkat guru nonsertifikasi memiliki motivasi mengajar kategorisasi tinggi

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Mengajar, Guru Sertifikasi, Guru Nonsertifikasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 05 Dec 2012 11:47
Last Modified: 05 Dec 2012 12:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21831

Actions (login required)

View Item View Item