HIMASARI, WIENDI (2012) Perbedaan Motivasi Mengajar Antara Guru Sertifikasi Dengan Guru Nonsertifikasi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (345kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
Abstract
Guru wajib memiliki sertifikasi dengan tujuan untuk meingkatkan kemampuan guru yang profesional. Guru yang profesional akan memaksimalkan kemampuannya untuk meningkatkan kualitas siswa. Kenyataannya, masih ada guru yang telah memiliki sertifikasi tetapi belum profesional dalam kinerja. bagi guru yang memiliki motivasi rendah berpengaruh terhadap profesionalnya sebagai guru, sehingga prestasi sebagai guru rendah pula. Sebaliknya, guru yang memiliki motivasi tinggi dapat meningkatkan kreativitas Tujuan dari penelitian yang ingin dicapai penulis adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi mengajar antara guru sertifikasi dengan guru nonsertifikasi dalam jabatan. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua guru SMA yang ada di kabupaten Wonogiri, yaitu guru SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, dan SMA Negeri 3 di kota Wonogiri berjumlah 139 guru. Jumlah guru sebanyak 139 tersebut dipergunakan semua untuk dijadikan sampel penelitian. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini disebut studi populasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan tentang perbedaan perbedaan motivasi mengajar antara guru ber-sertifikasi dengan guru non-sertifikasi dalam jabatan dapat diperoleh suatu kesimpulan, yaitu: 1) Ada perbedaan motivasi mengajar yang sangat signifikan antara guru sertifikasi dengan guru nonsertifikasi dalam jabatan. Hal ini ditunjukkan melalui hasil t-test sebesar sebesar 4,317 dengan p = 0,000 atau p < 0,01. 2) Guru sertifikasi memiliki motivasi mengajar yang lebih tinggi dari pada Guru nonsertifikasi dalam jabatan. Dari hasil hasil rerata empirik untuk guru yang memiliki sertifikasi sebesar 179,36 dengan rerata hipotetik 126. Sedangkan guru nonsertifikasi dengan rerata empirik sebesar 159,71 dan rerata hipotetik sebesar 126. 3) Tingkat kategorisasi guru sertifikasi memiliki motivasi mengajar sangat tinggi. 4) Tingkat guru nonsertifikasi memiliki motivasi mengajar kategorisasi tinggi
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Mengajar, Guru Sertifikasi, Guru Nonsertifikasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 05 Dec 2012 11:47 |
Last Modified: | 05 Dec 2012 12:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21831 |
Actions (login required)
View Item |