Suryatno, Suryatno (2012) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar PKN Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Metode Stad (Studendt Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas 4 Semester 1 SDN 1 Tegalyoso Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (179kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_1.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (Bab IV)
08_BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR__PUSTAKA.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publiksi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (108kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar belajar PKn setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif metode STAD. Subyek penerima adalah siswa kelas 4 semester 1 SDN 1 Tegalyoso Kecamatan Klaten Selatan tahun pelajaran 2012/ 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi/ pengamatan, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode interaktif yang meliputi tiga komponen yaitu : reduksi data sajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian berupa kesimpulan menunjukkan untuk aspek kemauan mengerjakan PR pra siklus (40 %), siklus I (70 %), dan siklus II (80 %). Untuk aspek keberanian menjawab pertanyaan dari guru prasiklus (40%), siklus I (65%), dan siklus II (80%). Aspek kemauan mencari sumber lain pra siklus (40%), siklus I (65%), dan siklus II (75%). Aspek menyerahkan tugas dengan tepat waktu pra siklus (35%), siklus I (68%), dan siklus II (80%). Dan aspek prestasi terlihat dari ulangan harian yang lulus KKM pada pra siklus (40%), siklus I (60%), dan siklus II (80%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mata pelajaran PKn menggunakan metode pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan motivasi dan prestasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Nov 2012 08:02 |
Last Modified: | 27 Nov 2012 08:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21557 |
Actions (login required)
View Item |