Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar PKN Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Metode Stad (Studendt Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas 4 Semester 1 SDN 1 Tegalyoso Tahun Pelajaran 2012/ 2013

Suryatno, Suryatno (2012) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar PKN Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Metode Stad (Studendt Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas 4 Semester 1 SDN 1 Tegalyoso Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (179kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_1.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab IV)
08_BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publiksi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (108kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar belajar PKn setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif metode STAD. Subyek penerima adalah siswa kelas 4 semester 1 SDN 1 Tegalyoso Kecamatan Klaten Selatan tahun pelajaran 2012/ 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi/ pengamatan, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode interaktif yang meliputi tiga komponen yaitu : reduksi data sajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian berupa kesimpulan menunjukkan untuk aspek kemauan mengerjakan PR pra siklus (40 %), siklus I (70 %), dan siklus II (80 %). Untuk aspek keberanian menjawab pertanyaan dari guru prasiklus (40%), siklus I (65%), dan siklus II (80%). Aspek kemauan mencari sumber lain pra siklus (40%), siklus I (65%), dan siklus II (75%). Aspek menyerahkan tugas dengan tepat waktu pra siklus (35%), siklus I (68%), dan siklus II (80%). Dan aspek prestasi terlihat dari ulangan harian yang lulus KKM pada pra siklus (40%), siklus I (60%), dan siklus II (80%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mata pelajaran PKn menggunakan metode pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan motivasi dan prestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Nov 2012 08:02
Last Modified: 27 Nov 2012 08:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21557

Actions (login required)

View Item View Item