Sungkawa, Adi (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Memahami Gaya Magnet Melalui Metode Eksperimen Di Kelas V SD Negeri 3 Krajan Jatinom Klaten Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (583kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (92kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (239kB) |
Abstract
Skripsi berisikan laporan penelitian dengan menggunakan metode exsperimen tindakan kelas ini ditulis untuk memenuhi sebagian persyaratan guna mencapai derajat sarjana S-1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas V SD Negeri 3 Krajan Jatinom Klaten. Penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas dengan rancangan perbaikan pembelajaran berbentuk siklus – siklus yang seolah-olah merupakan daur ulang yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. (1) Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes; Tes dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan non tes diperoleh dari hasil pengamatan selama penelitian berlangsung. (2) Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dari Matthew B.Miles A.Michael Huberman. Ada 2 komponen dalam analis data tersebut yaitu : Reduksi data, sajian. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus 1 putaran pertama 25 % dari 16 siswa mencapai KKM, siklus satu putaran ke 2 hasilnya 50 % dari 16 siswa, siklus 2 meningkat menjadi 88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode exsperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Krajan Jatinom Klaten”
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Eksperimen, hasil belajar, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 11:04 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 11:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21499 |
Actions (login required)
View Item |