Upaya Peningkatan Kemampuan Memahami Gaya Magnet Melalui Metode Eksperimen Di Kelas V SD Negeri 3 Krajan Jatinom Klaten Tahun 2012

Sungkawa, Adi (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Memahami Gaya Magnet Melalui Metode Eksperimen Di Kelas V SD Negeri 3 Krajan Jatinom Klaten Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (583kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (239kB)

Abstract

Skripsi berisikan laporan penelitian dengan menggunakan metode exsperimen tindakan kelas ini ditulis untuk memenuhi sebagian persyaratan guna mencapai derajat sarjana S-1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas V SD Negeri 3 Krajan Jatinom Klaten. Penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas dengan rancangan perbaikan pembelajaran berbentuk siklus – siklus yang seolah-olah merupakan daur ulang yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. (1) Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes; Tes dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan non tes diperoleh dari hasil pengamatan selama penelitian berlangsung. (2) Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dari Matthew B.Miles A.Michael Huberman. Ada 2 komponen dalam analis data tersebut yaitu : Reduksi data, sajian. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus 1 putaran pertama 25 % dari 16 siswa mencapai KKM, siklus satu putaran ke 2 hasilnya 50 % dari 16 siswa, siklus 2 meningkat menjadi 88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode exsperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Krajan Jatinom Klaten”

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, hasil belajar,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Nov 2012 11:04
Last Modified: 23 Nov 2012 11:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21499

Actions (login required)

View Item View Item