Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa

KURNIYAWATI, RITA (2012) Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (229kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (239kB)

Abstract

Motivasi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam proses belajar, untuk pencapaian keberhasilan dan kesuksesan tidak hanya di butuhkan motivasi yang kuat dalam belajar, melainkan juga dibutuhkan efikasi diri / keyakinan diri dalam menyelesaikan tugas sekolah. Siswa yang memiliki efikasi diri yang tinggi maka motivasi belajar juga tinggi. Tujuan dari penelitian adalah 1) Untuk mengetahui ada hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar siswa, 2) Mengetahui peran efikasi diri terhadap motivasi belajar siswa, 3) Mengetahui tinngkat efikasi diri dengan tingkat motivasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara efikasi diri dengan motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Boyolali dan diperoleh sampel untuk penelitian sebanyak 2 kelas, keseluruhan sampel berjumlah 60 siswa. Tehnik penelitian mengunakan Claster Random Sampling.Alat ukur penelitiannya adalah skala efikasi diri dengan motivasi belajar siswa. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh hasil koefisien korelasi se-besar r = 0,612 dengan p < 0,01 hal ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa subjek penelitian ini memiliki tingkat motivasi belajar yang tergolong tinggi, sedangkan efikasi diri yang dimiliki subjek tergolong tinggi. Sumbangan efektif antara variabel efikasi diri dengan motivasi belajar sebesar 37,4%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efikasi diri, Motivasi belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 22 Nov 2012 10:54
Last Modified: 22 Nov 2012 14:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21434

Actions (login required)

View Item View Item