KURNIYAWATI, RITA (2012) Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (229kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (239kB) |
Abstract
Motivasi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam proses belajar, untuk pencapaian keberhasilan dan kesuksesan tidak hanya di butuhkan motivasi yang kuat dalam belajar, melainkan juga dibutuhkan efikasi diri / keyakinan diri dalam menyelesaikan tugas sekolah. Siswa yang memiliki efikasi diri yang tinggi maka motivasi belajar juga tinggi. Tujuan dari penelitian adalah 1) Untuk mengetahui ada hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar siswa, 2) Mengetahui peran efikasi diri terhadap motivasi belajar siswa, 3) Mengetahui tinngkat efikasi diri dengan tingkat motivasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara efikasi diri dengan motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Boyolali dan diperoleh sampel untuk penelitian sebanyak 2 kelas, keseluruhan sampel berjumlah 60 siswa. Tehnik penelitian mengunakan Claster Random Sampling.Alat ukur penelitiannya adalah skala efikasi diri dengan motivasi belajar siswa. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh hasil koefisien korelasi se-besar r = 0,612 dengan p < 0,01 hal ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa subjek penelitian ini memiliki tingkat motivasi belajar yang tergolong tinggi, sedangkan efikasi diri yang dimiliki subjek tergolong tinggi. Sumbangan efektif antara variabel efikasi diri dengan motivasi belajar sebesar 37,4%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efikasi diri, Motivasi belajar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 22 Nov 2012 10:54 |
Last Modified: | 22 Nov 2012 14:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21434 |
Actions (login required)
View Item |