Peningkatan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Campuran Melalui Pembelajaran Snow Balling Siswa Kelas IV SD Negeri Cawan Kecamatan Jatinom Tahun Pelajaran 2012/2013

Kusyatini, Kusyatini (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Campuran Melalui Pembelajaran Snow Balling Siswa Kelas IV SD Negeri Cawan Kecamatan Jatinom Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (208kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung campuran melalui pembelajaran Snow balling siswa kelas IV semester I SD N Cawan Kecamatan Jatinom tahun pelajaran 2012/2013.Sementara penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui dua siklus, tiap siklus terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data aspek kognitif dengan metode tes tertulis dan data tentang aspek afektif dan psikomotorik menggunakan metode observasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dengan teknik deskriptif komperatif untuk membandingkan hasil antar siklus, dan teknis analisis kritis. Hasil pelitian ini menunjukkan hasil belajar kognitif sebelum tindakan sebanyak 10 ( 44% ) siswa tuntas, setelah dilakukan tindakan dengan model pembelajaran Snow balling pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 15 ( 65.21% ) siswa tuntas dan aspek afektif rata- rata skornya 6.08( 60.82% ), aspek psikomotorik rata-rata skornya 6.3( 63 % ) dan pada siklus II hasil belajar aspek kognitif siswa menjadi 19 siswa ( 82.60% ), aspek afektif skor rata-ratanya 8.04 (80,43%) dan aspek psikomotorik rata-rata skornya 7.93 (79.30%), berdasarkan analisis data pada penelitian tindakan ini , hipotesis yang menyatakan ,” Diduga melalui pembelajaran snow balling dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran siswa kelas IV semester 1 SD Negeri Cawan Kecamatan Jatinom tahun pelajaran 2012/ 2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar operasi hitung campuran, Snow balling
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 14 Nov 2012 11:31
Last Modified: 14 Nov 2012 11:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21216

Actions (login required)

View Item View Item