Kusyatini, Kusyatini (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Campuran Melalui Pembelajaran Snow Balling Siswa Kelas IV SD Negeri Cawan Kecamatan Jatinom Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (208kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (57kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (896kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung campuran melalui pembelajaran Snow balling siswa kelas IV semester I SD N Cawan Kecamatan Jatinom tahun pelajaran 2012/2013.Sementara penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui dua siklus, tiap siklus terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data aspek kognitif dengan metode tes tertulis dan data tentang aspek afektif dan psikomotorik menggunakan metode observasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dengan teknik deskriptif komperatif untuk membandingkan hasil antar siklus, dan teknis analisis kritis. Hasil pelitian ini menunjukkan hasil belajar kognitif sebelum tindakan sebanyak 10 ( 44% ) siswa tuntas, setelah dilakukan tindakan dengan model pembelajaran Snow balling pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 15 ( 65.21% ) siswa tuntas dan aspek afektif rata- rata skornya 6.08( 60.82% ), aspek psikomotorik rata-rata skornya 6.3( 63 % ) dan pada siklus II hasil belajar aspek kognitif siswa menjadi 19 siswa ( 82.60% ), aspek afektif skor rata-ratanya 8.04 (80,43%) dan aspek psikomotorik rata-rata skornya 7.93 (79.30%), berdasarkan analisis data pada penelitian tindakan ini , hipotesis yang menyatakan ,” Diduga melalui pembelajaran snow balling dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran siswa kelas IV semester 1 SD Negeri Cawan Kecamatan Jatinom tahun pelajaran 2012/ 2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar operasi hitung campuran, Snow balling |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 14 Nov 2012 11:31 |
Last Modified: | 14 Nov 2012 11:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21216 |
Actions (login required)
View Item |