Jamiati, Jamiati (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Make a Match Pada Materi Mengenal Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Sekitar ( PTK Kelas II SDN I Tulas, Karangdowo Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012 / 2013 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_JADI.pdf Download (487kB) |
|
|
PDF (BAB I)
3._BAB_1.pdf Download (89kB) |
|
PDF (BAB II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (BAB III)
5._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (BAB IV)
6._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (BAB V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
Abstract
Peningkatan motivasi belajar siswa melalui strategi make a match pada materi mengenal hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar ( PTK Kelas II SDN I Tulas, Karangdowo Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012 / 2013). JAMIATI A54B090148 Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri I Tulas pada siswa kelas II materi tentangmengenal hewan dan tumbuhan disekitar kita.Penelitian PTK ini menggunakan tahapan-tahapan sebagai berikut : 1) Tahap Perencanaan 2) Tahap Pelaksanaan 3) Tahap observasi 4) Tahap Refleksi. Pada penelitian tindakan kelas di awali dengan perencanaan proses pembelajaran ini dengan menggunakan strategi make a match dengan tujuan agar siswa bersemangat dalam menerima pelajaran.pada tahap pelaksanaan guru membagi siswa menjadi dua kelompok,kelompok pertama di beri soal yang berupa gambar dan kelompok yang kedua di beri kata atau jawaban.setelah itu guru meserta observer mengobservasi berapa banyak siswa yang aktif dan berapa banyak siswa yang bersemangat dalam mengikuti pelajaran proses pembelajaran dengan menggunakan strategi make a match ini. Penelitian tindakan kelas ini dapat di ambil kesimpulan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari pra siklus yang hanya 30% pada siklus I naik sebanyak 20% menjadi 50% dan pada proses perbaikan siklus II hasilnya menjadi 80%. Jadi pada penelitian tindakan kelas ini siswa sudah termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi adalah kunci keberhasilan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 14 Nov 2012 11:02 |
Last Modified: | 14 Nov 2012 12:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21213 |
Actions (login required)
View Item |