Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Make a Match Pada Materi Mengenal Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Sekitar ( PTK Kelas II SDN I Tulas, Karangdowo Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012 / 2013 )

Jamiati, Jamiati (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Make a Match Pada Materi Mengenal Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Sekitar ( PTK Kelas II SDN I Tulas, Karangdowo Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012 / 2013 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_JADI.pdf

Download (487kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
3._BAB_1.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (BAB II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (BAB III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (BAB IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (BAB V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)

Abstract

Peningkatan motivasi belajar siswa melalui strategi make a match pada materi mengenal hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar ( PTK Kelas II SDN I Tulas, Karangdowo Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012 / 2013). JAMIATI A54B090148 Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri I Tulas pada siswa kelas II materi tentangmengenal hewan dan tumbuhan disekitar kita.Penelitian PTK ini menggunakan tahapan-tahapan sebagai berikut : 1) Tahap Perencanaan 2) Tahap Pelaksanaan 3) Tahap observasi 4) Tahap Refleksi. Pada penelitian tindakan kelas di awali dengan perencanaan proses pembelajaran ini dengan menggunakan strategi make a match dengan tujuan agar siswa bersemangat dalam menerima pelajaran.pada tahap pelaksanaan guru membagi siswa menjadi dua kelompok,kelompok pertama di beri soal yang berupa gambar dan kelompok yang kedua di beri kata atau jawaban.setelah itu guru meserta observer mengobservasi berapa banyak siswa yang aktif dan berapa banyak siswa yang bersemangat dalam mengikuti pelajaran proses pembelajaran dengan menggunakan strategi make a match ini. Penelitian tindakan kelas ini dapat di ambil kesimpulan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari pra siklus yang hanya 30% pada siklus I naik sebanyak 20% menjadi 50% dan pada proses perbaikan siklus II hasilnya menjadi 80%. Jadi pada penelitian tindakan kelas ini siswa sudah termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi adalah kunci keberhasilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 14 Nov 2012 11:02
Last Modified: 14 Nov 2012 12:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21213

Actions (login required)

View Item View Item