Pengelolaan Pendidikan Karakter Kelas Unggulan di SMP Negeri 2 Cepu

Utomo, Amin Mudi (2012) Pengelolaan Pendidikan Karakter Kelas Unggulan di SMP Negeri 2 Cepu. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.__HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (256kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab VI)
09_BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (202kB)
[img] PDF (Lampiran)
11_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fokus dalam penelitian ini adalah pengelolaan pendidikan karakter kelas unggulan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik perencanaan, implementasi dan evaluasi pendidikan karakter di kelas unggulan di SMP Negeri 2 Cepu. Penelitian ini menggunakan desain etnografi pendidikan. Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Cepu. Waktu penelitian ini adalah tiga bulan, dimulai pada Desember 2011 hingga Februari 2012. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pengampu mata pelajaran Bahasa Inggris, dan siswa di kelas unggulan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Wawancara mendalam, Observasi dan Dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi, yaitu Trianggulasi Sumber dan Trianggulasi Metode. Hasil penelitian ada 3. 1) Pendidikan karakter direncanakan dalam rencana pembelajaran, disesuaikan dengan materi, dan digiatkan dalam kegiatan ekstrakurikuler. 2) Dalam implementasi pendidikan karakter, guru sebagai model dan dilaksanakan dalam kegiatan kurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler, baik di dalam kelas dan di luar kelas. 3) Evaluasi pendidikan karakter dikembangkan dengan pengayaan, penilaian, penghargaan dan hukuman.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, pendidikan karakter, unggulan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 23 Oct 2012 11:35
Last Modified: 23 Oct 2012 11:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20835

Actions (login required)

View Item View Item