Utomo, Amin Mudi (2012) Pengelolaan Pendidikan Karakter Kelas Unggulan di SMP Negeri 2 Cepu. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03.__HALAMAN_JUDUL.pdf Download (256kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (131kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
PDF (Bab VI)
09_BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (202kB) |
|
PDF (Lampiran)
11_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Fokus dalam penelitian ini adalah pengelolaan pendidikan karakter kelas unggulan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik perencanaan, implementasi dan evaluasi pendidikan karakter di kelas unggulan di SMP Negeri 2 Cepu. Penelitian ini menggunakan desain etnografi pendidikan. Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Cepu. Waktu penelitian ini adalah tiga bulan, dimulai pada Desember 2011 hingga Februari 2012. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pengampu mata pelajaran Bahasa Inggris, dan siswa di kelas unggulan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Wawancara mendalam, Observasi dan Dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi, yaitu Trianggulasi Sumber dan Trianggulasi Metode. Hasil penelitian ada 3. 1) Pendidikan karakter direncanakan dalam rencana pembelajaran, disesuaikan dengan materi, dan digiatkan dalam kegiatan ekstrakurikuler. 2) Dalam implementasi pendidikan karakter, guru sebagai model dan dilaksanakan dalam kegiatan kurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler, baik di dalam kelas dan di luar kelas. 3) Evaluasi pendidikan karakter dikembangkan dengan pengayaan, penilaian, penghargaan dan hukuman.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, pendidikan karakter, unggulan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 23 Oct 2012 11:35 |
Last Modified: | 23 Oct 2012 11:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20835 |
Actions (login required)
View Item |