Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Melalui Metode Sosiodrama (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B Tk Aisyiyah Taruban Tahun Pelajaran 2011 / 2012)

Aksioma, Ufik (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Melalui Metode Sosiodrama (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B Tk Aisyiyah Taruban Tahun Pelajaran 2011 / 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (231kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara lisan melalui metode sosiodrama. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tahun Pelajaran 2011/2012 dan obyek penelitian ini adalah komunikasi lisan anak. Data komunikasi lisan anak dikumpulkan dengan observasi dan wawancara, data tentang metode sosiodrama dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis komparatif yaitu dengan membandingkan hasil rata-rata berkomunikasi lisan anak dengan indikator kinerja pada tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berkomunikasi secara lisan anak didik. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata berkomunikasi lisan anak sebelum perlakukan tindakan adalah 43%. Setelah dilakukan pembelajaran dengan melakukan pembelajaran dengan metode sosiodrama pada siklus I berkomunikasi lisan anak meningkat menjadi 65% pada siklus II berkomunikasi lisan anak meningkat menjadi menjadi 73% dan pada siklus III meningkat menjadi 90%. Secara keseluruhan dengan metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Taruban.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode sosiodrama, berkomunikasi lisan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 20 Sep 2012 12:39
Last Modified: 26 Nov 2019 02:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20146

Actions (login required)

View Item View Item