Aksioma, Ufik (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Melalui Metode Sosiodrama (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B Tk Aisyiyah Taruban Tahun Pelajaran 2011 / 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (231kB) |
|
|
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (173kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara lisan melalui metode sosiodrama. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tahun Pelajaran 2011/2012 dan obyek penelitian ini adalah komunikasi lisan anak. Data komunikasi lisan anak dikumpulkan dengan observasi dan wawancara, data tentang metode sosiodrama dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis komparatif yaitu dengan membandingkan hasil rata-rata berkomunikasi lisan anak dengan indikator kinerja pada tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berkomunikasi secara lisan anak didik. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata berkomunikasi lisan anak sebelum perlakukan tindakan adalah 43%. Setelah dilakukan pembelajaran dengan melakukan pembelajaran dengan metode sosiodrama pada siklus I berkomunikasi lisan anak meningkat menjadi 65% pada siklus II berkomunikasi lisan anak meningkat menjadi menjadi 73% dan pada siklus III meningkat menjadi 90%. Secara keseluruhan dengan metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Taruban.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode sosiodrama, berkomunikasi lisan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 20 Sep 2012 12:39 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 02:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20146 |
Actions (login required)
View Item |