Wulandari, Noviana (2012) Pengaruh Minat Dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV Semester II SD N Pangkalan 1 Kecamatan Karangrayung Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (270kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pemebelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 3) pengaruh minat dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Pangkalan 1 sebanyak 17 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan sampel populasi sebanyak 17 siswa. Data yang diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket setelah diujicobakan dan diuji validitas serta reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, R2 dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi Y = 0,902 + 0,050 X1 + 0,056 X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dipengaruhi oleh minat dan motivasi belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah : 1) Ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa tehadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,271 > 2,048 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,039 dengan sumbangan efektif sebesar 27,9% ; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajarn Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 2,375 > 2,048 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,032 dengan sumbangan efektif 29,7% ; 3) Ada pengrauh yang signifikansi antara minat dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar sswa terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini berdasarkan analisis variani regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung>Ftabel, yaitu 9,500 > 3,340 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,576. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,576 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh minat dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah sebesar 48,4%, sedangkan 51,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar Siswa, Motivai Belajar Siswa, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 10:49 |
Last Modified: | 12 Sep 2012 10:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19892 |
Actions (login required)
View Item |