Resitasari, Wihardian (2012) Penerapan Strategi Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Media Torso Materi Pencernaan Makanan Pada Siswa Kelas XI IPA 3 Semester II SMA Negeri 1 Polanharjo Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (214kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR__PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (175kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pencernaan makanan, dengan menggunakan strategi Card Sord dan media torso pada siswa SMA Negeri I Polanharjo tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Card Sort yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskritif kualitatif yaitu dengan menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 66,3 dengan jumlah siswa yang mencapai nilai ≥ 68 sebanyak 18 siswa (50,0%). Pada siklus I tingkat rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 73,6 dengan jumlah siswa yang mencapai nilai ≥68 sebanyak 24 siswa (66,7%), rata-rata nilai afektif siswa sebesar 20,97 (termasuk dalam kategori cukup berminat). Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 79,7 dengan jumlah siswa yang mencapai nilai ≥68 sebanyak 32 siswa (88.9%), rata-rata nilai afektif siswa meningkat menjadi 24,97 (termasuk dalam kategori berminat). Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Card Sort dengan media torso dapat meningkatkan hasil belajar siswa IPA Biologi materi pencernaan makanan kelas XI IPA 3 SMA Negeri I Polanharjo Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2011/2012 sebesar 75%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran Card Sort dengan media torso, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Sep 2012 11:14 |
Last Modified: | 11 Sep 2012 13:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19840 |
Actions (login required)
View Item |