Wibowo, Yanuari (2012) Kepuasan Konsumen Rawat Inap Ditinjau Dari Tingkat Pelayanan Dan Penetapan Tarif Pada RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (102kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf Download (43kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) adakah pengaruh tingkat pelayanan terhadap kepuasan konsumen rawat inap pada RSUD Dr. Moewardi Surakarta, 2) adakah pengaruh tarif terhadap kepuasan konsumen rawat inap pada RSUD Dr. Moewardi Surakarta, 3) adakah pengaruh tingkat pelayanan dan tarif terhadap kepuasan konsumen rawat inap pada RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Jenis penelitian ini adalah diskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah 200 pasien rawat inap pada RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Peneliti mengambil sampel sebanyak 50 pasien atau keluarganya dengan teknik proposional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan angket. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan linieritas. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda serta pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Hasil pengujian hipotesis pertama ada pengaruh positif pelayanan terhadap kepuasan konsumen rawat inap RSUD Dr. Moewardi Surakarta, yang ditunjukkan oleh thitung = 3,639 > ttabel = 2,012 dengan signifikansi < 0,05 yaitu 0,001. Pelayanan memberikan sumbangan efektif sebesar 29,3%. 2) Hasil pengujian hipotesis kedua ada pengaruh positif tarif terhadap kepuasan konsumen rawat inap pada RSUD Dr. Moewardi Surakarta, yang ditunjukkan oleh thitung = 3,475 > ttabel = 2,012 dengan signifikansi < 0,05 yaitu 0,001. Tarif memberikan sumbangan efektif sebesar 27,7%. 3) Hasil pengujian hipotesis ketiga ada pengaruh positif pelayanan dan tarif terhadap kepuasan konsumen rawat inap pada RSUD Dr. Moewardi Surakarta, yang ditunjukkan oleh Fhitung = 31,238 > Ftabel = 3,195 dengan signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Variabel Pelayanan memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kepuasan konsumen dibandingkan variabeltarif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelayanan, tarif, kepuasan konsumen. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Sep 2012 05:38 |
Last Modified: | 05 Sep 2012 05:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19741 |
Actions (login required)
View Item |