Astuti, Anita Dwi (2012) Minat Maha Persepsi Mah Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Mahasiswa Untuk Menjadi Guru Ditinjau Dari Mahasiswa Tentang Profesi Guru Dan Prestasi Belajar Mahasiswa FKIP UMS Angkatan 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (109kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) adakah pengaruh persepsi mahasiswa tentang profesi guru terhadap minat mahasiswa untuk menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009, 2) adakah pengaruh prestasi belajar mahasiswa terhadap minat mahasiswa untuk menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009, 3) adakah pengaruh persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan prestasi belajar mahasiswa terhadap minat mahasiswa untuk menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009. Jenis penelitian ini adalah diskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009 yang berjumlah 235 mahasiswa. Peneliti mengambil sampel sebanyak 60 mahasiswa dengan teknik random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan angket. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan linieritas. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda serta pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Hasil pengujian hipotesis pertama persepsi mahasiswa tentang profesi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009, yang ditunjukkan oleh thitung = 5,702 > ttabel = 2,002 dengan signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 2) Hasil pengujian hipotesis kedua prestasi belajar mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009, yang ditunjukkan oleh thitung = 4,384 > ttabel = 2,002 dengan signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 3) Hasil pengujian hipotesis ketiga persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan prestasi belajar mahasiswa secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009, yang ditunjukkan oleh Fhitung = 33,524 > Ftabel = 3,159 dengan signifikansi < 0,05 yaitu 0,000.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat mahasiswa untuk menjadi guru, persepsi mahasiswa tentang profesi guru, dan prestasi belajar mahasiswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Sep 2012 08:29 |
Last Modified: | 04 Sep 2012 08:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19732 |
Actions (login required)
View Item |