Minat Maha Persepsi Mah Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Mahasiswa Untuk Menjadi Guru Ditinjau Dari Mahasiswa Tentang Profesi Guru Dan Prestasi Belajar Mahasiswa FKIP UMS Angkatan 2009

Astuti, Anita Dwi (2012) Minat Maha Persepsi Mah Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Mahasiswa Untuk Menjadi Guru Ditinjau Dari Mahasiswa Tentang Profesi Guru Dan Prestasi Belajar Mahasiswa FKIP UMS Angkatan 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (109kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) adakah pengaruh persepsi mahasiswa tentang profesi guru terhadap minat mahasiswa untuk menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009, 2) adakah pengaruh prestasi belajar mahasiswa terhadap minat mahasiswa untuk menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009, 3) adakah pengaruh persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan prestasi belajar mahasiswa terhadap minat mahasiswa untuk menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009. Jenis penelitian ini adalah diskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009 yang berjumlah 235 mahasiswa. Peneliti mengambil sampel sebanyak 60 mahasiswa dengan teknik random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan angket. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan linieritas. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda serta pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Hasil pengujian hipotesis pertama persepsi mahasiswa tentang profesi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009, yang ditunjukkan oleh thitung = 5,702 > ttabel = 2,002 dengan signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 2) Hasil pengujian hipotesis kedua prestasi belajar mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009, yang ditunjukkan oleh thitung = 4,384 > ttabel = 2,002 dengan signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 3) Hasil pengujian hipotesis ketiga persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan prestasi belajar mahasiswa secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009, yang ditunjukkan oleh Fhitung = 33,524 > Ftabel = 3,159 dengan signifikansi < 0,05 yaitu 0,000.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat mahasiswa untuk menjadi guru, persepsi mahasiswa tentang profesi guru, dan prestasi belajar mahasiswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Sep 2012 08:29
Last Modified: 04 Sep 2012 08:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19732

Actions (login required)

View Item View Item