Danar Ariyono, Raditya (2012) Pengaruh Persepsi Siswa Atas Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Pada Siswa Jurusan Ekonomi Akuntansi Kelas XI SMK Pancasila 8 Slogohimo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_JUDUL.pdf Download (511kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (522kB) |
Abstract
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh persepsi siswa atas kemampuan guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar kewirausahaan, 2) pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar kewirausahaan, 3) pengaruh persepsi siswa atas kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar kewirausahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Pancasila 8 Slogohimo tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 117 siswa dengan sampel sebanyak 90 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier ganda, uji t, uji f, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 53,160 + 0,431X1 + 0,457X2, artinya hasil belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa atas kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dan kemandirian belajar siswa. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) persepsi siswa atas kemampuan guru dalam pengelolaan kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kewirausahaan. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,812 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,019. 2) kemandirian belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kewirausahaan. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 3,256 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. 3) persepsi siswa atas kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dan kemandirian belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar kewirausahaan. Berdasarkan uji f diperoleh > yaitu 5,963 > 3,101, dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) variabel persepsi siswa atas kemampuan guru dalam pengelolaan kelas memberikan sumbangan efektif 21,9% dan sumbangan relatif 51%, variabel kemandirian belajar siswa memberikan sumbangan efektif 22,3% dan sumbangan relatif 49%. Sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 44,2% sedangkan sisanya 55,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pengelolaan Kelas, Kemandirian Belajar Siswa,hasil Belajar kewirausahaan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 Aug 2012 10:44 |
Last Modified: | 06 Aug 2012 10:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19473 |
Actions (login required)
View Item |