Perbandingan Tipe Pembelajaran Jigsaw Dan Peer Lessons Terhadap Prestasi Belajar IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Boyolali Tahun 2011/2012

Priyatmoko, Priyatmoko (2012) Perbandingan Tipe Pembelajaran Jigsaw Dan Peer Lessons Terhadap Prestasi Belajar IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Boyolali Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (156kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (132kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu : (1) Perbedaan antara pembelajaran tipe jigsaw dengan pembelajaran tipe peer lessons terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS Ekonomi. (2) Seberapa besar perbedaan antara pembelajaran tipe jigsaw dengan pembelajaran tipe peer lessons terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS Ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VIIA-VIIF SMP Negeri 2 Boyolali Tahun Pembelajaran 2011/2012. Sampel penelitian kelas VIIA dan VIIB dengan pengambilan sampel cluster random sample. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Analisis data mengunakan metode t-test untuk mencari perbedaan antara peer lesson dengan jigsaw. Kesimpulan hasil penelitian yaitu: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran jigsaw dengan pembelajaran peer lessons. Hal ini dapat diketahui melalui hasil uji diperoleh hasil t-test for Equality of Means sebesar = 3,631 > ttabel = 1,679 dengan p = 0,002 (p < 0,05). (2) Perbedaan pembelajaran jigsaw dan peer lessons dapat terlihat dari hasil Mean pada pembelajaran jigsaw sebesar 15,04 dan pembelajaran peer lessons sebesar 24,62. Hasil peer lessons lebih besar dibandingkan dengan hasil jigsaw, sehingga pembelajaran jigsaw dan peer lessons ada perbedaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode jigsaw, peer lessons, perbandingan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 30 Jul 2012 09:31
Last Modified: 30 Jul 2012 09:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19373

Actions (login required)

View Item View Item