Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Strategi Pembelajaran Puzzle Games Pada Siswa Kelas VII SMP Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Hidahyati, Bekti Nur (2012) Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Strategi Pembelajaran Puzzle Games Pada Siswa Kelas VII SMP Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf

Download (371kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (546kB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penerapan strategi Puzzle Games dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Biologi perihal materi Pentingnya keanekaragaman mahkluk hidup dalam ekosistem pada siswa kelas VII SMP Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Prosedur dalam Penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua kali siklus yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah penerapan dari strategi Puzzle Games yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran Biologi perihal materi pentingnya keanekaragaman mahkluk hidup dalam ekosistem pada siswa kelas VII B SMP Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Dari siklus yang dilakukan dihasilkan peningkatan hasil belajar siswa yang cukup baik. Hal ini ditunjukkan pada penilaian aspek kognitif yang dapat dilihat dari nilai rata-rata evaluasi siswa disetiap siklus. Dalam pra siklus mempunyai nilai hasil evaluasi rata-rata 63,85 atau 43%, siklus I meningkat 69,50 atau 79% sedangkan siklus II menjadi 77,14 atau 100%. Nilai afektif rata-rata siklus I 15,67, siklus II meningkat menjadi 16,35. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar melalui strategi Puzzle Games dalam pelajaran Biologi perihal materi pentingnya keanekaragaman mahkluk hidup dalam ekosistem” pada siswa kelas VII SMP Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2011/2012 terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Puzzle Games.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Jul 2012 07:53
Last Modified: 25 Jul 2012 07:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19305

Actions (login required)

View Item View Item