Hidahyati, Bekti Nur (2012) Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Strategi Pembelajaran Puzzle Games Pada Siswa Kelas VII SMP Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf Download (371kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (108kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (546kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penerapan strategi Puzzle Games dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Biologi perihal materi Pentingnya keanekaragaman mahkluk hidup dalam ekosistem pada siswa kelas VII SMP Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Prosedur dalam Penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua kali siklus yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah penerapan dari strategi Puzzle Games yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran Biologi perihal materi pentingnya keanekaragaman mahkluk hidup dalam ekosistem pada siswa kelas VII B SMP Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Dari siklus yang dilakukan dihasilkan peningkatan hasil belajar siswa yang cukup baik. Hal ini ditunjukkan pada penilaian aspek kognitif yang dapat dilihat dari nilai rata-rata evaluasi siswa disetiap siklus. Dalam pra siklus mempunyai nilai hasil evaluasi rata-rata 63,85 atau 43%, siklus I meningkat 69,50 atau 79% sedangkan siklus II menjadi 77,14 atau 100%. Nilai afektif rata-rata siklus I 15,67, siklus II meningkat menjadi 16,35. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar melalui strategi Puzzle Games dalam pelajaran Biologi perihal materi pentingnya keanekaragaman mahkluk hidup dalam ekosistem” pada siswa kelas VII SMP Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2011/2012 terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, Puzzle Games. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Jul 2012 07:53 |
Last Modified: | 25 Jul 2012 07:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19305 |
Actions (login required)
View Item |