Pemudiawati, Ari (2012) Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Answer Gallery (Galeri Jawaban) ( PTK di Kelas VII.A SMP N 2 Eromoko Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (177kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (99kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar matematika melalui strategi pembelajaran aktif tipe answer gallery pada siswa SMP kelas VII. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII.A SMP Negeri 2 Eromoko yang berjumlah 32 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara kepala sekolah, guru, dan peneliti. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar matematika siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari indikator minat yang terus mengalami peningkatan. Jumlah siswa yang antusias sebelum diberi tindakan sebanyak 12 siswa (37,5%), setelah dilakukan tindakan menjadi 25 siswa (78,125%). Jumlah siswa yang berani menjawab pertanyaan dari guru atau mempresentasikan hasil pekerjaanya sebelum dilakukan tindakan sebanyak 6 siswa (18,75%), setelah dilakukan tindakan menjadi 20 siswa (62,5%). Jumlah siswa yang berani mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebanyak 4 siswa (12,5%), setelah dilakukan tindakan menjadi 18 siswa (56,25%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Answer Gallery, Minat Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Jul 2012 10:27 |
Last Modified: | 24 Jul 2012 10:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19289 |
Actions (login required)
View Item |