Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Answer Gallery (Galeri Jawaban) ( PTK di Kelas VII.A SMP N 2 Eromoko Tahun 2012

Pemudiawati, Ari (2012) Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Answer Gallery (Galeri Jawaban) ( PTK di Kelas VII.A SMP N 2 Eromoko Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (177kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (99kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar matematika melalui strategi pembelajaran aktif tipe answer gallery pada siswa SMP kelas VII. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII.A SMP Negeri 2 Eromoko yang berjumlah 32 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara kepala sekolah, guru, dan peneliti. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar matematika siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari indikator minat yang terus mengalami peningkatan. Jumlah siswa yang antusias sebelum diberi tindakan sebanyak 12 siswa (37,5%), setelah dilakukan tindakan menjadi 25 siswa (78,125%). Jumlah siswa yang berani menjawab pertanyaan dari guru atau mempresentasikan hasil pekerjaanya sebelum dilakukan tindakan sebanyak 6 siswa (18,75%), setelah dilakukan tindakan menjadi 20 siswa (62,5%). Jumlah siswa yang berani mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebanyak 4 siswa (12,5%), setelah dilakukan tindakan menjadi 18 siswa (56,25%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Answer Gallery, Minat Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Jul 2012 10:27
Last Modified: 24 Jul 2012 10:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19289

Actions (login required)

View Item View Item