Efektivitas Strategi Guided Note Taking Dan Card Sort Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Gerak Pada Tumbuhan Siswa Kelas Viii SMP N 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012

Setiawan, Cahyo Yunus (2012) Efektivitas Strategi Guided Note Taking Dan Card Sort Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Gerak Pada Tumbuhan Siswa Kelas Viii SMP N 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (559kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi dengan penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dan Card Sort pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Hasil belajar siswa dilihat dari aspek kognitif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII B menggunakan strategi pembelajaran Card Sort sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampling menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data untuk pengujian hipotesis dengan uji non parametrik tipe Two Independent Sample Test (Mann-Whitney Test). Hasil analisis data diperoleh nilai sig. = 0.000 dan nilai signifikan = 0.05, sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran dengan menggunakan strategi Guided Note Taking dan Card Sort pada materi gerak pada tumbuhan. Strategi pembelajaran Guided Note Taking lebih efektif daripada strategi pembelajaran Card Sort. Pada kelas eksperimen dengan strategi Guided Note Taking nilai rata-ratanya 75.50 dan pada kelas eksperimen dengan strategi Card Sort nilai rata-ratanya 64.78.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Guided Note Taking, strategi pembelajaran Card Sort, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jun 2012 10:34
Last Modified: 27 Jun 2012 11:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19101

Actions (login required)

View Item View Item