Setiawan, Cahyo Yunus (2012) Efektivitas Strategi Guided Note Taking Dan Card Sort Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Gerak Pada Tumbuhan Siswa Kelas Viii SMP N 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (559kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (103kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi dengan penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dan Card Sort pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Hasil belajar siswa dilihat dari aspek kognitif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII B menggunakan strategi pembelajaran Card Sort sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampling menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data untuk pengujian hipotesis dengan uji non parametrik tipe Two Independent Sample Test (Mann-Whitney Test). Hasil analisis data diperoleh nilai sig. = 0.000 dan nilai signifikan = 0.05, sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran dengan menggunakan strategi Guided Note Taking dan Card Sort pada materi gerak pada tumbuhan. Strategi pembelajaran Guided Note Taking lebih efektif daripada strategi pembelajaran Card Sort. Pada kelas eksperimen dengan strategi Guided Note Taking nilai rata-ratanya 75.50 dan pada kelas eksperimen dengan strategi Card Sort nilai rata-ratanya 64.78.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran Guided Note Taking, strategi pembelajaran Card Sort, hasil belajar siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Jun 2012 10:34 |
Last Modified: | 27 Jun 2012 11:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19101 |
Actions (login required)
View Item |