Fadillah, Fadillah (2012) Faktor-Faktor Yang Menjadi Kendala Penyelesaian Studi Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
01._Halaman_Depan.pdf Download (97kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
||
PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
08._Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) |
Abstract
Drop out merupakan salah satu permasalahan besar dalam institusi pendidikan. Hal ini tidak hanya berdampak pada mahasiswa yang drop out tetapi juga pada institusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi latar belakang yang menjadi kendala dalam penyelesaian studi mereka di Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi kendala dalam penyelesaian studi mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Data diperoleh dari distribusi kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa yang tidak melanjutkan kuliah angkatan 2005- 2007. Jumlahnya 155 orang. Analisis diskripsi digunakan pertama, kemudian yang kedua menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa yang tidak melanjutkan kuliah adalah terbanyak laki-laki berusia 28- 39 tahun, tinggal di luar kota Solo, menikah, wiraswasta dan berpenghasilan kurang lebih tiga juta rupiah. Kebanyakan mereka berhenti pada tahap pengumpulan data dan pengajuan judul Tesis. Faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa tidak melanjutkan kuliah dikelompokkan dalam tiga faktor. Namanya faktor pembimbing, faktor kompetensi, dan faktor psikologi. Faktor pembimbing meliputi sulit ketemu pembimbing, selisih paham dengan pembimbing, dan tidak suka pembimbing. Faktor kompetensi meliputi tidak ada buku bacaan, bahasa Inggris kurang, sulit bahan rujukan, dan kesulitan data. Sedangkan Faktor psikologi meliputi tak ada motivasi dan tesis tidak menarik. Selanjutnya rekomendasi penelitian ini adalah memerlukan sistem yang mengijinkan mahasiswa untuk kemudahan komunikasi dengan pembimbing dan bimbingan dengan perhatian yang sangat besar serta panduan jam konsultasi.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Rak P100/2012-01 |
Uncontrolled Keywords: | Drop out di universitas, faktor pembimbing, faktor psikologi, faktor kompetensi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 May 2012 08:03 |
Last Modified: | 31 Jul 2012 06:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18904 |
Actions (login required)
View Item |