Saraswati, Yeni (2012) Pengaruh Faktor Motivasi Terhadap Sikap Mahasiswa Pengguna Berita Digital(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
DEPAN.pdf Download (245kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis pengaruh motivasi untuk mengetahui berita-berita baru terhadap sikap membaca surat kabar digital. 2) Menganalisis pengaruh motivasi untuk mencari informasi-informasi tertentu terhadap sikap membaca surat kabar digital. 3) Menganalisis pengaruh motivasi untuk pencarian berita-berita yang dimutakhirkan terhadap sikap membaca surat kabar digital. 4) Menganalisis pengaruh motivasi hiburan terhadap sikap membaca surat kabar digital. 5) Menganalisis pengaruh motivasi kebiasaan terhadap sikap membaca surat kabar digital pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Teknik pengumpulan data dengan cara membuat dokuman yang ada pada perusahaan yang mencakup data umum perusahaan sampai dengan data yang ada relevansinya dengan materi penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis regresi berganda, uji t, uji F dan R2. Simpulan yang diperoleh adalah: 1) Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui persamaannya bahwa: Y = 2,560 + 0,219X1 + 0,152X2 + 0,201X3 + 0,190X4 + 0,526X5, artinya bahwa bahwa faktor motivasi berpengaruh positif terhadap sikap mahasiswa pengguna berita digital pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2) Berdasarkan hasil analisis uji t, didapatkan nilai thitung untuk motivasi pada berita-berita baru sebesar 2,419 > ttab 1,990, variabel motivasi pada mencari informasi-informasi thitung 1,318 < ttab 1,990, variabel motivasi pada berita yang dimutakhirkan thitung 2,327 > ttab 1,990, variabel motivasi pada hiburan thitung 2,196 > ttab 1,990, dan variabel motivasi pada kebiasaan thitung 5,777 > ttabel 2,014. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa faktor motivasi berpengaruh positif terhadap sikap mahasiswa pengguna berita digital pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta, kecuali pada faktor mencari informasi yang tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap sikap mahasiswa pengguna berita digital. 3) Hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel ; 45,513 > 2,290 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara faktor motivasi terhadap sikap mahasiswa pengguna berita digital pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. 4) Hasil perhitungan uji R2 diperoleh sebesar 0,708, artinya bahwa 70,80% variasi variabel sikap mahasiswa pengguna berta digital dapat dijelaskan oleh variabel faktor motivasi yang terdiri dari berita-berita baru, mencari informasi-informasi tertentu, pencarian berita-berita yang dimutakhirkan, hiburan, kebiasaan, sedangkan sisanya yaitu 29,20% merupakan variabel yang tidak diteliti, misalnya kemudahan mencari informasi, kebutuhan mencari informasi, dan lainnya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor motivasi (berita-berita baru, pencarian informasi tertentu, pencarian berita yang dimutakhirkan, waktu luang untuk hiburan, kebiasaan), sikap |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 19 Apr 2012 06:41 |
Last Modified: | 19 Apr 2012 06:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18064 |
Actions (login required)
View Item |