Sriwahyuni , Norma (2012) Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soeroto Kabupaten Ngawi Jawa Tmur Dengan Metode Balanced Scorecard (Pengukuran Kinerja menggunakan Metode Balanced Scorecard dan Metode Standar Pengukuran Jasa Pelayanan Kesehatan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.PDF Download (383kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (109kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
Abstract
Adanya kekurangan pengukuran kinerja keuangan , maka diciptakan suatu metode pengukuran kinerja yang mempertimbangkan aspek keuangan dan non-keuangan yang dikenal dengan istilah Balanced Scorecard. Pengukuran kinerja Balanced Scorecard menyangkut empat perspektif yaitu : Perspektif Keuangan, Perspektif Kosumen, Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Pembelajaran-Pertumbuhan. Peneliti memilih studi kasus pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soeroto Kabupaten Ngawi Jawa Timur, karena selama ini pengukuran kinerja yang dilakukan perusahaan masih menitik beratkan pada aspek keuangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer dan sekunder. Sedangkan untuk teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis komparatif yaitu membandingkan antara pengukuran kinerja dengan standar pengukuran jasa pelayanan kesehatan dan metode pengukuran kinerja dengan Balanced Scorecard. Hasil analisis yang sudah dilakukan peneliti kesimpulannya bahwa pengukuran kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soeroto Kabupaten Ngawi Jawa Timur memungkinkan untuk menerapkan Balanced Scorecard. Pengukuran kinerja dengan perspektif keuangan, perspektif konsumen, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran-pertumbuhan adalah baik. Sedangkan hasil analisa pengukuran kinerja dengan metode standar jasa pelayanan kesehatan adalah cukup baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak B200/2012-15 |
Uncontrolled Keywords: | Balanced Scorecard, pengukuran kinerja, standar pengukuran pelayanan jasa kesehatan |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 16 Apr 2012 07:01 |
Last Modified: | 26 Jun 2012 11:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17954 |
Actions (login required)
View Item |