Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soeroto Kabupaten Ngawi Jawa Tmur Dengan Metode Balanced Scorecard (Pengukuran Kinerja menggunakan Metode Balanced Scorecard dan Metode Standar Pengukuran Jasa Pelayanan Kesehatan)

Sriwahyuni , Norma (2012) Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soeroto Kabupaten Ngawi Jawa Tmur Dengan Metode Balanced Scorecard (Pengukuran Kinerja menggunakan Metode Balanced Scorecard dan Metode Standar Pengukuran Jasa Pelayanan Kesehatan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.PDF

Download (383kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)

Abstract

Adanya kekurangan pengukuran kinerja keuangan , maka diciptakan suatu metode pengukuran kinerja yang mempertimbangkan aspek keuangan dan non-keuangan yang dikenal dengan istilah Balanced Scorecard. Pengukuran kinerja Balanced Scorecard menyangkut empat perspektif yaitu : Perspektif Keuangan, Perspektif Kosumen, Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Pembelajaran-Pertumbuhan. Peneliti memilih studi kasus pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soeroto Kabupaten Ngawi Jawa Timur, karena selama ini pengukuran kinerja yang dilakukan perusahaan masih menitik beratkan pada aspek keuangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer dan sekunder. Sedangkan untuk teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis komparatif yaitu membandingkan antara pengukuran kinerja dengan standar pengukuran jasa pelayanan kesehatan dan metode pengukuran kinerja dengan Balanced Scorecard. Hasil analisis yang sudah dilakukan peneliti kesimpulannya bahwa pengukuran kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soeroto Kabupaten Ngawi Jawa Timur memungkinkan untuk menerapkan Balanced Scorecard. Pengukuran kinerja dengan perspektif keuangan, perspektif konsumen, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran-pertumbuhan adalah baik. Sedangkan hasil analisa pengukuran kinerja dengan metode standar jasa pelayanan kesehatan adalah cukup baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak B200/2012-15
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, pengukuran kinerja, standar pengukuran pelayanan jasa kesehatan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 16 Apr 2012 07:01
Last Modified: 26 Jun 2012 11:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17954

Actions (login required)

View Item View Item