Peningkatan Kemampuan Berhitung Angka 1-10 Melalui Media Pohon Hitung Pada Anak Di TK Pertiwi Karangasem 2 Tahun 2011/2012

SUGIYARSI, SUGIYARSI (2012) Peningkatan Kemampuan Berhitung Angka 1-10 Melalui Media Pohon Hitung Pada Anak Di TK Pertiwi Karangasem 2 Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung angka 1-10 dengan menggunakan media pohon hitung pada anak TK Pertiwi Karangasem 2 Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten Tahun 2011/2012. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak TK Pertiwi Karangasem 2 yang berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan melalui tiga siklus. Diharapkan dengan menggunakan media pohon hitung proses pembelajaran berhitung angka 1-10 pada TK Pertiwi Karangasem 2 Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten Tahun 2011/2012 dapat meningkatkan minimal 80% dari 14 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum di adalah tindakan dengan menggunakan media pohon hitung yang mencapai ketuntasan sebanyak 5 anak (45%). Kemudian setelah di beri tindakan dengan media pohon hitung pada siklus I meningkat menjadi 6 anak (60,80%), pada siklus II meningkat menjadi 8 anak (70,6%) dan pada siklus III meningkat menjadi 12 anak (85, 76%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan, “Diduga dengan menggunakan media pohon hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung angka 1-10 pada anak Tk Pertiwi Karangasem 2 Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten Tahun 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pohon hitung, kemampuan berhitung.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Apr 2012 06:52
Last Modified: 14 Apr 2012 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17942

Actions (login required)

View Item View Item