Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Think Pairs Share (TPS) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011

Widdaryanti, Widdaryanti (2011) Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Think Pairs Share (TPS) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi Sistem Pemerintahan Pusat melalui penerapan metode pembelajaran Think Pairs Share (TPS) pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Berjo tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah pembelajaran PKn materi Sistem Pemerintahan Pusat. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 01 Berjo tahun pelajaran 2010/2011melalui metode pembelajaran Think Pairs Share terbukti dapat meningkat dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 74% dan meningkat serta mencapai hasil optimal pada siklus II sebesar 91%

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: think pairs share, hasil belajar siswa, metode pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 Mar 2012 09:13
Last Modified: 28 Mar 2012 09:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17560

Actions (login required)

View Item View Item