Widdaryanti, Widdaryanti (2011) Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Think Pairs Share (TPS) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (104kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (895kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi Sistem Pemerintahan Pusat melalui penerapan metode pembelajaran Think Pairs Share (TPS) pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Berjo tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah pembelajaran PKn materi Sistem Pemerintahan Pusat. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 01 Berjo tahun pelajaran 2010/2011melalui metode pembelajaran Think Pairs Share terbukti dapat meningkat dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 74% dan meningkat serta mencapai hasil optimal pada siklus II sebesar 91%
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | think pairs share, hasil belajar siswa, metode pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 28 Mar 2012 09:13 |
Last Modified: | 28 Mar 2012 09:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17560 |
Actions (login required)
View Item |