Peningkatan Kemambaca Cerpen dengan Media Majalah Story pada Siswa Kelas VII C SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011

Monika, Senja Resi (2011) Peningkatan Kemambaca Cerpen dengan Media Majalah Story pada Siswa Kelas VII C SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._Halaman_Depan.pdf

Download (169kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dalam pembelajaran membaca cerpen dengan media majalah Story dan (2) untuk meningkatkan motivasi siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dalam pembelajaran membaca cerpen dengan media majalah Story. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Data dalam penelitian ini adalah foto-foto saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran membaca cerpen di kelas, datar nilai siswa kelas VII C,cerpen dalam majalah Story yang berjudul Gadis Penjual Crackout dan You Can Do It, serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah tempat dan peristiwa yaitu di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, informan yaitu guru Bahasa Indonesia kelas VII C SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, dokumen, dan hasil observasi. Teknik pengumpulan data diambil dengan menggunakan metode observasi, metode dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media majalah Story dapat meningkatkan kemampuan serta motivasi siswa dalam pembelajaran membaca cerpen. Motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pada siklus I sebesar 12 siswa atau 37,5% siswa aktif dalam bertanya dan sebesar 14 siswa atau 43,75% siswa aktif dalam menanggapi informasi dari guru. Pada siklus II terjadi peningkatan motivasi yaitu sebesar 25 siswa atau 78,12% siswa aktif dalam bertanya dan sebesar 27 siswa atau 84,37% siswa aktif dalam menanggapi informasi dari guru. Penggunaan media majalah Story dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran membaca cerpen. Siswa yang telah berhasil mencapai KKM yang ditentukan yaitu 65 mengalami peningkatan, pada siklus I sebanyak 16 siswa atau 50% siswa berhasil mencapai KKM, pada siklus II menjadi 25 siswa atau 78,12% berhasil mencapai KKM.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Kemampuan, Motivasi, Media Majalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 27 Mar 2012 09:15
Last Modified: 27 Mar 2012 09:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17539

Actions (login required)

View Item View Item