Monika, Senja Resi (2011) Peningkatan Kemambaca Cerpen dengan Media Majalah Story pada Siswa Kelas VII C SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02._Halaman_Depan.pdf Download (169kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (114kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (148kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dalam pembelajaran membaca cerpen dengan media majalah Story dan (2) untuk meningkatkan motivasi siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dalam pembelajaran membaca cerpen dengan media majalah Story. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Data dalam penelitian ini adalah foto-foto saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran membaca cerpen di kelas, datar nilai siswa kelas VII C,cerpen dalam majalah Story yang berjudul Gadis Penjual Crackout dan You Can Do It, serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah tempat dan peristiwa yaitu di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, informan yaitu guru Bahasa Indonesia kelas VII C SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, dokumen, dan hasil observasi. Teknik pengumpulan data diambil dengan menggunakan metode observasi, metode dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media majalah Story dapat meningkatkan kemampuan serta motivasi siswa dalam pembelajaran membaca cerpen. Motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pada siklus I sebesar 12 siswa atau 37,5% siswa aktif dalam bertanya dan sebesar 14 siswa atau 43,75% siswa aktif dalam menanggapi informasi dari guru. Pada siklus II terjadi peningkatan motivasi yaitu sebesar 25 siswa atau 78,12% siswa aktif dalam bertanya dan sebesar 27 siswa atau 84,37% siswa aktif dalam menanggapi informasi dari guru. Penggunaan media majalah Story dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran membaca cerpen. Siswa yang telah berhasil mencapai KKM yang ditentukan yaitu 65 mengalami peningkatan, pada siklus I sebanyak 16 siswa atau 50% siswa berhasil mencapai KKM, pada siklus II menjadi 25 siswa atau 78,12% berhasil mencapai KKM.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Kemampuan, Motivasi, Media Majalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 27 Mar 2012 09:15 |
Last Modified: | 27 Mar 2012 09:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17539 |
Actions (login required)
View Item |