Intihaiyah, Mihnatul (2011) Penerapan Strategi Pembelajaran Talking Stick sebagai upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Budaya Politik di Indonesia Kelas XI Akuntansi SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (317kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (780kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi budaya politik di Indonesia pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Prawira Marta Kartasura tahun 2011 melalui penerapan strategi pembelajaran Talking Stick. Keaktifan siswa sangat kurang sebelum diberikan tindakan kelas dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya, antara lain: menggunakan strategi pembelajaran diskusi, ceramah bervariasi, dan penugasan. Hasilnya penerapan strategi pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Talking Stick. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Prawira Marta Kartasura yang berjumlah 27 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran Talking Stick keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi budaya politik di Indonesia pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Prawira Marta Kartasura Tahun 2011 dapat meningkat minimal 75% dari 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada materi budaya politik di Indonesia di kelas XI Akuntansi SMK Prawira Marta Kartasura Tahun 2011 yaitu sebelum di adakan penelitian tindakan kelas adalah 9 siswa (33,3%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran bermain jawaban, siklus I meningkat menjadi 16 siswa (66,6%) dan siklus II meningkat menjadi 23 siswa (85,1%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Talking Stick mampu Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi budaya politik di Indonesia pada Kelas XI Akuntansi SMK Prawira Marta Kartasura Tahun 2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran, talking stick, keaktifan siswa, budaya politik di indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 27 Mar 2012 04:37 |
Last Modified: | 27 Mar 2012 04:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17523 |
Actions (login required)
View Item |