Penerapan Strategi Pembelajaran Talking Stick sebagai upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Budaya Politik di Indonesia Kelas XI Akuntansi SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012

Intihaiyah, Mihnatul (2011) Penerapan Strategi Pembelajaran Talking Stick sebagai upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Budaya Politik di Indonesia Kelas XI Akuntansi SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (317kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi budaya politik di Indonesia pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Prawira Marta Kartasura tahun 2011 melalui penerapan strategi pembelajaran Talking Stick. Keaktifan siswa sangat kurang sebelum diberikan tindakan kelas dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya, antara lain: menggunakan strategi pembelajaran diskusi, ceramah bervariasi, dan penugasan. Hasilnya penerapan strategi pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Talking Stick. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Prawira Marta Kartasura yang berjumlah 27 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran Talking Stick keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi budaya politik di Indonesia pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Prawira Marta Kartasura Tahun 2011 dapat meningkat minimal 75% dari 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada materi budaya politik di Indonesia di kelas XI Akuntansi SMK Prawira Marta Kartasura Tahun 2011 yaitu sebelum di adakan penelitian tindakan kelas adalah 9 siswa (33,3%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran bermain jawaban, siklus I meningkat menjadi 16 siswa (66,6%) dan siklus II meningkat menjadi 23 siswa (85,1%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Talking Stick mampu Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi budaya politik di Indonesia pada Kelas XI Akuntansi SMK Prawira Marta Kartasura Tahun 2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, talking stick, keaktifan siswa, budaya politik di indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 27 Mar 2012 04:37
Last Modified: 27 Mar 2012 04:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17523

Actions (login required)

View Item View Item