Taminuari, Sharasmi (2012) Upaya Meninbgkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Course Review Horay Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Blimbing 03 Kecamatan Gatak Kabupaten Sokoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (160kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan metode Course Review Horay pada siswa kelas IV SD Negeri Blimbing 03 Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan metode Course Review Horay yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Blimbing 03 yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran dan menunjukkan adanya peningkatan hasi belajar IPA siswa kelas IV. Sebelum diberikan tindakan penelitian, hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM (≥70) hanya 17,39%, setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 53,85%, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Blimbing 03 Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, metode course review horay |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Feb 2012 07:03 |
Last Modified: | 28 Feb 2012 07:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17070 |
Actions (login required)
View Item |