Lusyana, Evvy (2011) Pengaruh Strategi Treffinger Dan Critical Thinking Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa (Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER_DAN_ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh antara strategi pembelajaran Treffinger dan Critical Thinking terhadap prestasi belajar, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar metematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Boyolali tahun ajaran 2010/ 2011 sebanyak 6 kelas paralel. Sampel penelitian ini diambil siswa dua kelas yaitu kelas eksperimen yakni kelas VIIA dan kelas kontrol yakni kelas VIIF menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket untuk variabel motivasi belajar dan metode tes untuk variabel prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis varian 2 jalan dengan frekuensi sel tak sama, uji lanjut yang digunakanadalah metode Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Prestasi belajar siswa yang dikenai strategi pembelajaran Treffinger lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang dikenai strategi pembelajaran Critical Thinking, dengan harga statistik uji FA > Ftabel, yaitu 4,373 > 4,073 dan rata-rata nilai prestasi belajar dari siswa yang dikenai strategi pembelajaran Treffinger lebih besar dari strategi Critical Thinking, yaitu 77,583 > 69,833. (2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan harga statistik uji Fb > Ftabel, yaitu 6,289 > 3,2. (3) Tidak ada efek interaksi antara strategi pembelajaran Treffinger dan strategi pembelajaran Critical Thinking ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, dengan harga statistik uji Fab < Ftabel, yaitu 0,248 < 3,2.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A410/2012-34 |
Uncontrolled Keywords: | Treffinger, Critical Thinking, motivasi belajar dan prestasi belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 22 Feb 2012 10:31 |
Last Modified: | 21 Jun 2012 06:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17013 |
Actions (login required)
View Item |