Pengaruh Strategi Treffinger Dan Critical Thinking Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa (Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)

Lusyana, Evvy (2011) Pengaruh Strategi Treffinger Dan Critical Thinking Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa (Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_DAN_ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh antara strategi pembelajaran Treffinger dan Critical Thinking terhadap prestasi belajar, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar metematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Boyolali tahun ajaran 2010/ 2011 sebanyak 6 kelas paralel. Sampel penelitian ini diambil siswa dua kelas yaitu kelas eksperimen yakni kelas VIIA dan kelas kontrol yakni kelas VIIF menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket untuk variabel motivasi belajar dan metode tes untuk variabel prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis varian 2 jalan dengan frekuensi sel tak sama, uji lanjut yang digunakanadalah metode Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Prestasi belajar siswa yang dikenai strategi pembelajaran Treffinger lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang dikenai strategi pembelajaran Critical Thinking, dengan harga statistik uji FA > Ftabel, yaitu 4,373 > 4,073 dan rata-rata nilai prestasi belajar dari siswa yang dikenai strategi pembelajaran Treffinger lebih besar dari strategi Critical Thinking, yaitu 77,583 > 69,833. (2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan harga statistik uji Fb > Ftabel, yaitu 6,289 > 3,2. (3) Tidak ada efek interaksi antara strategi pembelajaran Treffinger dan strategi pembelajaran Critical Thinking ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, dengan harga statistik uji Fab < Ftabel, yaitu 0,248 < 3,2.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-34
Uncontrolled Keywords: Treffinger, Critical Thinking, motivasi belajar dan prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 22 Feb 2012 10:31
Last Modified: 21 Jun 2012 06:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17013

Actions (login required)

View Item View Item