Raharjo, Sri Agus (2007) Hubungan Antara Motif Berprestasi dengan Minat Berwirausaha. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (57kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lmapiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
Abstract
Minat berwirausaha merupakan rasa tertariknya perhatian atau rasa senangnya seseorang untuk melakukan kegiatan kewirausahaan. Mereka yang memiliki minat berwirausaha cukup tinggi akan memiliki cukup kesadaran bahwa wirausaha bersangkut paut pada dirinya sehingga ia lebih banyak memberi perhatian dan lebih senang melakukan kegiatan kewirausahaan. Banyak faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha, salah satunya adalah motif berprestasi. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motif berprestasi dengan minat berwirausaha. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara motif berprestasi dengan minat berwirausaha, semakin tinggi motif berprestasi maka semakin tinggi pula minat berwirausaha Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XII SMK Muda Patria, Kalasan jurusan otomotif dan bangunan yang berjumlah 79 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala motif berprestasi dan skala minat berwirausaha. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan teknik analisis product moment Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,403; p = 0,000 (p < 0,01). Hasil tersebut menunjukan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara motif berprestasi dengan minat berwirausaha. Semakin tinggi motif berprestasi maka semakin tinggi minat berwirausaha. Sumbangan efektif variabel motif berprestasi terhadap minat berwirausaha sebesar 16,3% yang ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2) sebesar 0,163. Hal ini berarti masih terdapat 83,7% variabel lain yang mempengaruhi minat berwirausaha di luar variabel motif berprestasi misalnya pendidikan, motivasi, masa kerja dan lingkungan sosial. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara motif berprestasi dengan minat berwirausaha. Artinya semakin tinggi motif berprestasi maka semakin tinggi minat berwirausaha dan sebaliknya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motif berprestasi, minat berwirausaha. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Feb 2012 10:36 |
Last Modified: | 09 Feb 2012 11:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16778 |
Actions (login required)
View Item |