Hubungan Antara Motif Berprestasi dengan Minat Berwirausaha

Raharjo, Sri Agus (2007) Hubungan Antara Motif Berprestasi dengan Minat Berwirausaha. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lmapiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)

Abstract

Minat berwirausaha merupakan rasa tertariknya perhatian atau rasa senangnya seseorang untuk melakukan kegiatan kewirausahaan. Mereka yang memiliki minat berwirausaha cukup tinggi akan memiliki cukup kesadaran bahwa wirausaha bersangkut paut pada dirinya sehingga ia lebih banyak memberi perhatian dan lebih senang melakukan kegiatan kewirausahaan. Banyak faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha, salah satunya adalah motif berprestasi. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motif berprestasi dengan minat berwirausaha. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara motif berprestasi dengan minat berwirausaha, semakin tinggi motif berprestasi maka semakin tinggi pula minat berwirausaha Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XII SMK Muda Patria, Kalasan jurusan otomotif dan bangunan yang berjumlah 79 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala motif berprestasi dan skala minat berwirausaha. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan teknik analisis product moment Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,403; p = 0,000 (p < 0,01). Hasil tersebut menunjukan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara motif berprestasi dengan minat berwirausaha. Semakin tinggi motif berprestasi maka semakin tinggi minat berwirausaha. Sumbangan efektif variabel motif berprestasi terhadap minat berwirausaha sebesar 16,3% yang ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2) sebesar 0,163. Hal ini berarti masih terdapat 83,7% variabel lain yang mempengaruhi minat berwirausaha di luar variabel motif berprestasi misalnya pendidikan, motivasi, masa kerja dan lingkungan sosial. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara motif berprestasi dengan minat berwirausaha. Artinya semakin tinggi motif berprestasi maka semakin tinggi minat berwirausaha dan sebaliknya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motif berprestasi, minat berwirausaha.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Feb 2012 10:36
Last Modified: 09 Feb 2012 11:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16778

Actions (login required)

View Item View Item