SETYANINGRUM, CANDRA DEWI (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIB SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (92kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran kelas VIIB SMP Muhammadiyah 10 Surakarta yang terdapat kelemahan, antara lain: kurangnya keaktifan siswa, kurang berani mengutarakan ide, siswa merasa jenuh karena penyampaian materi yang monoton, dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar biologi aspek kognitif dan afektif siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 dengan penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing dengan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan analisis data deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari hasil belajar aspek kognitif mata pelajaran biologi, pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran (aspek afektif). Hasil aspek kognitif meningkat sebesar 45,16%. Sedangkan aspek afektif kehadiran di kelas meningkat 61,28%, ketepatan waktu mengikuti pelajaran meningkat 48,38%, dan kemampuan beradaptasi dalam diskusi 51,61%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar di setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar kognitif dan afektif, active knowledge sharing, media gambar, ekosistem. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Nov 2011 09:06 |
Last Modified: | 24 Nov 2011 09:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15605 |
Actions (login required)
View Item |