PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIB SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

SETYANINGRUM, CANDRA DEWI (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIB SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran kelas VIIB SMP Muhammadiyah 10 Surakarta yang terdapat kelemahan, antara lain: kurangnya keaktifan siswa, kurang berani mengutarakan ide, siswa merasa jenuh karena penyampaian materi yang monoton, dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar biologi aspek kognitif dan afektif siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 dengan penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing dengan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan analisis data deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari hasil belajar aspek kognitif mata pelajaran biologi, pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran (aspek afektif). Hasil aspek kognitif meningkat sebesar 45,16%. Sedangkan aspek afektif kehadiran di kelas meningkat 61,28%, ketepatan waktu mengikuti pelajaran meningkat 48,38%, dan kemampuan beradaptasi dalam diskusi 51,61%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar di setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif dan afektif, active knowledge sharing, media gambar, ekosistem.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Nov 2011 09:06
Last Modified: 24 Nov 2011 09:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15605

Actions (login required)

View Item View Item