RAHMAWATI, NOVIANA (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSTRUKSI LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA (PTK bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (297kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
|
PDF
Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika melalui model pembelajaran instruksi langsung. Jenis penelitian kualitatif dengan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIII D SMPIT Nur Hidayah Surakarta, yang berjumlah 28 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan keaktifan belajar matematika yang dapat dilihat dari indikator: a) menjawab pertanyaan dari guru, sebelum tindakan 7,14%, putaran I 13,36%, putaran II 26,78%, dan di akhir 50,73%. b) mengemukakan gagasan , sebelum tindakan 7,14%, putaran I 15,51%, putaran II 28,57% dan di akhir tindakan 54,43%, c) aktif bekerjasama dalam kelompok, sebelum tindakan 0%, putaran I 19,45%, putaran II 41,07% dan di akhir tindakan 78,04%, d) mengerjakan tugas rumah, sebelum tindakan 39,28%, putaran I 54,87%, putaran II 75% dan di akhir tindakan 94,51%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran instruksi langsung dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A410/2011-060 |
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Instruksi langsung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Nov 2011 06:32 |
Last Modified: | 11 Jan 2012 05:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15531 |
Actions (login required)
View Item |