PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSTRUKSI LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA (PTK bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

RAHMAWATI, NOVIANA (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSTRUKSI LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA (PTK bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (297kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img]
Preview
PDF
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika melalui model pembelajaran instruksi langsung. Jenis penelitian kualitatif dengan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIII D SMPIT Nur Hidayah Surakarta, yang berjumlah 28 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan keaktifan belajar matematika yang dapat dilihat dari indikator: a) menjawab pertanyaan dari guru, sebelum tindakan 7,14%, putaran I 13,36%, putaran II 26,78%, dan di akhir 50,73%. b) mengemukakan gagasan , sebelum tindakan 7,14%, putaran I 15,51%, putaran II 28,57% dan di akhir tindakan 54,43%, c) aktif bekerjasama dalam kelompok, sebelum tindakan 0%, putaran I 19,45%, putaran II 41,07% dan di akhir tindakan 78,04%, d) mengerjakan tugas rumah, sebelum tindakan 39,28%, putaran I 54,87%, putaran II 75% dan di akhir tindakan 94,51%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran instruksi langsung dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-060
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Instruksi langsung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Nov 2011 06:32
Last Modified: 11 Jan 2012 05:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15531

Actions (login required)

View Item View Item