HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS BARANG DENGAN PERILAKU MEMBELI BATIK TULIS LASEM DI REMBANG

PERMATASARI, SINTA (2011) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS BARANG DENGAN PERILAKU MEMBELI BATIK TULIS LASEM DI REMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Halaman_Depan.pdf

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF
Bab_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF
Daftar_Pustaka.pdf

Download (22kB)
[img] PDF
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)

Abstract

Perilaku membeli batik Lasem rendah ditandai adanya permintaan batik Lasem jarang dilakukan oleh konsumen sehingga perusahaan memproduksi batik Lasem hanya sedikit. Akibat pemesanan batik Lasem yang sedikit berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan batik mengalami hambatan dalam pemasaran atau penjualan. Apabila hal ini dibiarkan ada kemungkinan perusahaan akan mengalami kebangkrutan. Faktor persepsi merupakan faktor yang berpengaruh terhadap tindakan seseorang dalam membeli suatu produk. Konsumen akan mempersepsikan suatu produk dari sisi bentuk, warna, merek, dan kualitas barang. Tujuan penelitian ini, yaitu ingin mengetahui: (1) Hubungan antara persepsi terhadap kualitas barang dengan perilaku membeli batik tulis Lasem di Rembang. (2) Peranan persepsi kualitas barang terhadap perilaku membeli batik tulis Lasem di Rembang. (3) Tingkat persepsi terhadap kualitas barang batik tulis Lasem di Rembang. (4) Tingkat perilaku membeli batik tulis Lasem di Rembang. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik usaha kerajinan yang ada di Kabupaten Rembang. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli batik Lasem di Rembang, dengan karakteristik: (1) Pembeli batik Lasem di home industri milik Merry Purnomo dengan Cap Batik Kuda di desa Gendongmulyo Kecamatan Lasem. (2) Pembeli batik Lasem di home industri milik Santoso dengan Cap Pusaka beruang di desa Sumbergirang Kecamatan Lasem. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik incidental (incidental sample). Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psikologi yang terdiri dari skala persepsi terhadap kualitas barang, dan skala perilaku membeli. Teknik yang dipakai dalam menganalisis data adalah teknik korelasi product moment. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap kualitas barang dengan perilaku membeli batik tulis Lasem di Rembang. (2) Sumbangan persepsi terhadap kualitas barang terhadap perilaku membeli diperoleh koefisien determinan sebesar 0,134 atau 13,4%, yang berarti masih terdapat 64,6% variabel-variabel lain yang mempengaruhi perilaku membeli di luar variabel persepsi terhadap kualitas barang. Variabel-variabel tersebut di antaranya yaitu kualitas pelayanan, motivasi membeli, dan harga produk. (3) Hasil kategori perilaku membeli tergolong tinggi dengan rerata empirik sebesar 104,698 dan rerata hipotetik sebesar 87,5. (4) Hasil persepsi terhadap kualitas barang tergolong tinggi dengan rerata empirik sebesar 91,509 dan rerata hipotetik sebesar 82,5.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Terhadap Kualitas Barang, Perilaku Membeli
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 31 Oct 2011 10:46
Last Modified: 31 Oct 2011 10:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15287

Actions (login required)

View Item View Item